Pelajari Lingkungan Kerja Hingga Budaya di Qatar, Mudahkan TKA Beradaptasi

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 18:10

Minyak dan gas membuat Qatar masuk ke dalam jajaran negara terkaya di dunia. Bersaing dengan Dubai dan Arab Saudi, negara terus mengupayakan kemajuan ekonomi dengan memanfaatkan industri, mulai dari manufaktur, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bersama-sama memenuhi visi dan misi tersebut, negara membuka pintu lebar bagi tenaga kerja asing yang ingin bergabung. Namun demikian, sebelum memutuskan datang kemari, ketahui dulu yuk lingkungan kerja hingga budayanya agar nanti mudah dalam beradaptasi!

  • Lingkungan tempat kerja

Berbeda dengan negara lain yang memberlakukan hari kerja Senin-Jum’at/Sabtu, di Qatar bekerja dimulai dari hari Minggu hingga Kamis. Jum’at ditetapkan sebagai hari libur dan sebagai hari suci umat Islam, yang mana mereka harus menggelar Sholat Jum’at berjamaah di masjid-masjid.

Sebagian besar perkantoran memiliki ruang khusus beribadah yang terpisah antara pria dan wanita. Namun demikian, perempuan memiliki andil besar di tempat kerja. Hingga kini, setidaknya mereka mendominasi industri-industri utama, seperti perdagangan, manufaktur, hingga lembaga pemerintah.

Layanan pengajaran, medis dan profesional adalah contoh sektor yang umumnya mempekerjakan perempuan. Sementara itu, karena negara menjunjung tinggi hukum Islam maka diharuskan berpakaian tertutup, panjang dan sesuai syariat.

  • Ramadhan

Jam kerja lebih dipersingkat selama bulan Ramadhan. Ialan bulan puasa yang dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim. Mereka tidak makan dan minum dari pagi hingga menjelang Magrib. Maka di waktu itu tidak akan ada pemandangan mengunyah makanan, permen karet atau menghisap rokok.

Restoran di seluruh negeri tutup pada siang hari, kecuali yang ada di dalam hotel internasional. Bagi non Muslim bisa makan di rumah untuk menghargai dan hindari di tempat umum termasuk kantor. Melanggar peringatan ini dapat ditindak pidana.

  • Rokok elektronik

Tahukah Anda bila rokok elektronik ilegal di Qatar? Namun demikian, mereka tidak boleh sembarangan merokok, baik di kantor maupun tempat umum. Bagi masyarakat di sana, kebiasaan ini lumrah.

Jadi begitu job seeker sekilas tentang lingkungan kerja dan budaya di Qatar. Pelajari lebih lanjut, ya.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp